asana Gerak Jalan Citra Pahlawan Kencong, Jember.

SURABAYA PAGI.com,Jember-Gerak jalan tradisional Citra Pahlawan yang digelar pada Sabtu,(25/11) sedot puluhan peserta lokal dan luar daerah. Tidak hanya itu saja ribuan pasang mata di jalan protokol hingga jalan raya tumpah ruah guna untuk melihat gelaran gerak jalan yang sudah berumur 34 tahun tersebut.

Sejumlah peserta beregu putra 36 dan putri 46 dan perorangan 98 beserta anak anak 21 dan ditambah ratusan peserta dari muspika kecamatan Kencong menambah semarak acara agenda tahunan tersebut.


Ketua panitia gerak jalan tradisional Paswon atau paseban wonorejo Drs Suharmoko S,H menceritakan sedikit tentang gerak jalan peninggalan nenek moyang Kecamatan Kencong tersebut.


Awal mula gerak jalan ini pada tahun 1989 dan sudah 34 tahun acara ini setiap tahun digelar meski sering berganti nama dikarenakan dahulu kecamatan Jombang dan Kencong bersatu dan akibat agenda pemekaran wilayah itulah yang dulu nama Tingwon alias Keting Wonorejo menjadi Paswon alias Paseban Wonorejo.


Dirinya juga menambahkan meski pada hari Sabtu (25/11) siang ini cuaca kurang mendukung dan terjadi hujan, namun peserta berlanjut hingga sampai finish yang ditempuh dalam 3 jam dengan jarak kurang lebih 20 KM tersebut.


Dan untuk tahun ini akan dipastikan acara akan sampai malam selesai. Untuk agenda tahun depan pihak panitia sepakat akan membuat tema baru yang lebih unik untuk tiap peserta. "Karena paswon sendiri adalah barometer agenda tahunan kencong dan bisa dipastikan ribuan pasang mata akan melihat di tiap jalan dan protol," ungkap nya.ndik