12 dari total 22 pemain yang dibawa Islandia ke Indonesia merupakan pemain muda.

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Timnas Islandia akan melakukan tur ke Indonesia dengan dua kali melakukan pertandingan, yakni melawan Indonesia Selection pada 11 Januari dan pada 14 Januari 2018 melawan Timnas Indonesia. Namun, setelah nama pemain Islandia dirilis, banyak pemain senior mereka yang diistirahatkan dan tidak dibawa ke Indonesia.

Federasi sepak bola Islandia merilis nama 22 pemain Timnas Islandia yang akan dibawa ke Indonesia pada awal 2018. Dari 22 pemain tersebut, ada 12 pemain tercatat masih berusia di bawah 23 tahun.

Lima pemain yang dibawa belum memiliki caps bersama Timnas Islandia. Sementara itu, juga hanya ada lima pemain yang tercatat sudah mendapatkan lebih dari 10 cap bersama tim berjulukan Our Boys itu.

Hal mengejutkan lainnya, pelatih Timnas Islandia, Helmir Hallgrimsson, memutuskan tidak membawa 14 pemain yang bermain dalam laga persahabatan internasional terakhir mereka saat menghadapi Qatar pada 14 November 2017. Satu di antara pemain itu adalah Gylfi Sigurdsson.

Tidak ada penjelasan lebih detail mengapa Asosiasi Sepak Bola Islandia (KSI) menetapkan skuat yang lebih berisi pemain muda untuk tur ke Indonesia. Namun yang pasti, pertandingan kontra Timnas Indonesia dimainkan di luar matchday FIFA sehingga pemain-pemain bintang Timnas Islandia kemungkinan sulit dilepas klub masing-masing.

Seperti diketahui, mayoritas pemain penghuni Timnas Islandia yang kali terakhir bermain di Qatar maupun kualifikasi Piala Dunia 2018, berlaga di kompetisi elite Eropa.

Di sisi lain, suporter dan masyarakat pecinta Timnas Indonesia juga bisa berkontribusi memilih siapa 22 pemain yang akan memperkuat Indonesia Selection melalui voting di situs resmi PSSI.

Sementara pada pertandingan kedua, Timnas Islandia menghadapi Timnas Indonesia asuhan Luis Milla yang juga mayoritas diisi pemain U-23. Laga ini akan menjadi bagian dari persiapan Timnas Indonesia menghadapi Asian Games 2018 yang digelar pada Agustus 2018.