Anggota Tim Anti Bandit Polsek Tandes Surabaya (berdiri) saat mengamankan motor sport curian berikut dua pencurinya (di atas motor) di Rembang Jawa Tengah. (SP/ Narendra Bakrie)

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Setelah mendapat laporan pencurian motor pada Minggu (17/12/2017) kemarin. Tim Anti Bandit Unit Reskrim Polsek Tandes akhirnya melakukan penyelidikan. Pelaku pun teridentifikasi dan terendus kabur ke Jawa Tengah. Tidak sia-sia pengejaran tim ini ke Jawa Tengah. Sebab pada Minggu (18/12/2017), dua pelaku berikut motor sport yang dicurinya di Surabaya, berhasil diamankan.

Penangkapan itu dilakukan Tim Anti Bandit Polsek Tandes sekitar pukul 09.30 Wib. Mereka berhasil meringkus dua pencuri motor sport itu di Dusun Julang, Kecamatan Seluke, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Kedua pelaku itu adalah Supono (19) asal Todan, Kec. Jatirogo Kab. Tuban dan Ari Junaidi (20) asal Sale Kab. Rembang Jawa Tengah.

"Mereka kami sergap saat sembunyi di rumah saudara salah satu pelaku. Tidak ada perlawanan dari kedua pelaku. Keduanya mengakui perbuatannya," sebut Kanit Reskrim Polsek Tandes, AKP Oloan Manullang, Minggu (18/12/2017).

Kedua pelaku itu diburu AKP Manullang dan timnya, setelah kedua pelaku melakukan aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Jalan Banjar Sugihan 4C, Tandes Surabaya. Keduanya berhasil mencuri motor sport Kawasaki Ninja putih L 6479 ZC milik Igor Sasmitro, pada Minggu (17/12/2017) sekitar pukul 05.00 Wib.

Dari laporan peristiwa curanmor itulah, Polsek Tandes langsung melakukan olah TKP. Sedangkan AKP Manullang dan timnya, langsung meminta keterangan sejumlah saksi untuk mengidentifikasi para pelakunya. "Setelah kami berhasil mengantongi identitas pelakunya, kami langsung bergerak ke lokasi yang kami sinyalir menjadi tempat persembunyian para pelaku. Yaitu di Rembang Jawa Tengah," ulas AKP Manullang.

Dan benar, kedua pelaku ternyata berada di tempat persembunyian yang dituju AKP Manullang dan timnya. Kedua pelaku dibekuk setelah tim ini mendapati motor sport curian tersebut terparkir di depan sebuah rumah. Setelah melakukan pengepungan, kedua pelaku berhasil diringkus.

Dari hasil pemeriksaan sementara, kedua pelaku awalnya datang ke Surabaya karena bekerja menjadi kuli bangunan. Kedua pelaku mengaku baru kali ini mencuri motor, karena ada kesempatan. Sebab, lokasi pencurian tidak jauh dari tempat menginap kedua pelaku. Kendati begitu, penyidik Unit Reskrim Polsek Tandes hingga saat ini masih melakukan pengembangan. bkr