Pasangan Mas Rio - Pak Su (depan, berpeci, dan berbaju lurik). Foto : dokumen pribadi.

SURABAYAPAGI.com, Madiun - Dari Kabupaten Madiun, Pasangan Mas Rio-Pak Su pada Hari Rabu (10/1) secara resmi mendaftarkan diri di KPUD Kabupaten Madiun. Keduanya secara sah mendaftarkan di kantor KPUD Kabupaten Madiun sekitar pada pukul 13.30 WIB.

Paslon dengan kombinasi pengusaha muda dan birokrat senior tersebut datang ke Kantor KPUD Kabupaten Madiun dengan diantarkan para pimpinan partai koalisi yang terdiri dari Partai Gerindra, PKS, dan PPP. Ratusan pemain hadrah dan ribuan kader serta simpatisan partai koalisi juga turut serta mengiringi pendaftaran pasangan Mas Rio Pas.

Sebelum berangkat ke Kantor KPUD, rombongan paslon dengan julukan Rio Wing Dinaryhadi atau Mas Rio terlebih dahulu melakukan ritual sungkem kepada kedua orang tuanya untuk meminta doa restu. Pada momen tersebut, Yun Harsono selaku sang Ayah mendoakan agar Mas Rio menjadi pemimpin yang adil dan bijaksana bagi masyarakat Kabupaten Madiun.

"Mantepno atimu. Harus jadi. Mikul duwur mendem jeru. Ngayomi masyarakat sak Madiun," kata Mbah Yun, sapaan akrab Yun Harsono.

Seusai melakukan sungkeman, pasangan dengan sebutan Mas Rio Pas tersebut melakukan deklarasi resmi. Acara tersebut dibarengi dengan penyerahan surat rekomendasi dukungan resmi dari DPP Partai Gerindra, PKS, dan PPP untuk paslon tersebut.

Dalam acara tersebut, Hadi Dediansyah selaku perwakilan Ketua DPD Partai Gerindra Jatim mengungkapkan bahwa sosok Mas Rio sudah sangat teruji. Di bawah kepemimpinannya, DPC Partai Gerindra Kabupaten Madiun dapat menjadi sangat solid.

"Berdasarkan fakta tersebut, hari ini dan detik ini menjadi titik perubahan dari Kabupaten Madiun. Ke depannya, pembangunan dan perkembangan di Kabupaten Madiun akan bisa terasa bagi semua kalangan. Hal itu selama ini belum terasa. Pembangunan hanya bisa terasa bagi sebagian kalangan saja," ujar Hadi.

Sementara itu, dalam deklarasi yang dibacakan, Mas Rio bersama Pak Sukiman yang akrab disapa Pak Su menjamin bahwa kelak APBD akan digunakan sebesar-besarnya demi kepentingan masyarakat Kab. Madiun.

"Kami bertekad kuat untuk mewujudkan masyarakat yang terdepan, kreatif, inovatif dan berdikari. Mewujudkan percepatan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan. Memanfaatkan APBD sepenuhnya untuk kepentingan rakyat," ujar Mas Rio dengan suara menggelegar.

Proses Pilkada yang lekat akan kampanye hitam juga dijamin kondusifitasnya oleh pasangan Mas Rio-Pak Su. "Kami Bersedia menghindari praktik black campaign (kampanye hitam), dan bersedia menerima hasil pemilihan kepala daerah Kabupaten Madiun dengan menjunjung tinggi asas sportivitas," pungkas keduanya. ifw