SURABAYAPAGI.COM-Ketua Umum Partai Airlangga Hartanto akan mengumumkan susunan kepengurusan baru Partai Golkar, Senin (22/1/2018). Mantan Ketua Partai Golkar Setya Novanto mengaku Airlangga sempat berkoordinasi dengannya dalam penyusunan formatur. Ia mengaku ikut berkontribusi dengan memberikan sejumlah saran kepada Airlangga dalam penyusunan formatur.

"Banyak saran-saran, saya lupa, yang Airlangga perhatikan. Saya rasa baik, " kata Setya Novanto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (22/1/2018).

Novanto yakin, nama-nama formatur yang terdaftar dalam kepengurusan Airlangga Hartarto sudah melalui seleksi dengan baik. Ia meyakini nama yang terdapat dalam formatur dipilih berdasarkan evaluasi kepengurusan di era kepemimpinannya. Ia yakin formatur baru sudah dipilih sesuai pertimbangan matang Airlangga.

Ia berharap, kepengurusan baru Partai Golkar bisa memperbaiki kinerja Golkar. Mantan Ketua DPR ini juga ingin agar pengurus baru bisa menjaga hubungan baik di internal dan pemerintah Jokowi-JK.

Novanto pun mengapresiasi penunjukan Lodewijk sebagai Sekretaris Jenderal Partai Golkar pengganti Idrus Marham. Idrus kini menjadi Menteri Sosial menggantikan Khofifah Indar parawansa yang maju dalam Pilkada Jawa Timur. Ia yakin, pengalaman Lodewijk bisa membantu Airlangga dalam memimpin Partai Golkar. Ia pun mendoakan agar perjalanan Golkar di masa depan akan berjalan dengan baik.

"Mudah-mudahan sesuatu yang terbaik kepada Pak Airlangga dan sekjen harus sama-sama sejalan dan semoga semua bisa tercapai," kata Novanto.

Seperti diketahui, Partai Golkar berencana mengumumkan nama pengurus baru, Senin (22/1/2018). Mereka akan mengumumkan sejumlah pengurus baru di bawah kepemimpinan Airlangga Hartanto.

Ketua DPP Golkar demisioner Bambang Soesatyo membenarkan akan ada pengumuman pengurus baru. Ketua DPR itu mengaku terdapat perubahan formatur di lingkungan internal Partai Golkar.

"Ada 11 korbid kalau tidak salah. Nanti ketumlah yang umumkan," kata Bambang.

Bambang mengaku, Partai Golkar juga akan mengumumkan mantan Danjen Kopassus, Lodewijk Freidrich Paulus sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Golkar menggantikan Idrus Marham yang kini telah menjadi Menteri Sosial (Mensos).

"Hari ini akan diumumkan di DPP," kata Bambang di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (22/1/2018)

CR/beb (trt)