Pelaku Muin saat di kantor polsek Dukuh Pakis Surabaya. (SP/FIRMAN)

SURABAYAPAGI.com, Dukuh Pakis - Lantaran terdesak kebutuhan hidup, pemuda yang masih berusia 19 tahun ini nekat mencuri kendaraan milik pamannya sendiri saat ditinggal pergi.

Pelaku yang juga kadang tinggal serumah dengan korban, mengambil kunci motor yang disimpan di atas lemari kamar tidurnya. Pelaku bernama Abdul Muin itu masuk kekamar saat korban sedang pergi.

Kanit Reskrim Polsek Dukuh Pakis, AKP Akhiyar menuturkan, pelaku ini ditangkap setelah tiga hari setelah aksi pemcuriannya itu dilakukan.

"Jadi kami mendapat laporan dari korban, kemudian daei keterangan korban kami akhirnya mengerucut pada tersangka, lalu kami tangkap di rumahnya di Sidotopo. Saat kami interogasi,pelaku akhirnya mengakui perbuatannya," kata Akhiyar, Senin (19/2) siang.

Dari hasil pemeriksaan,pelaku mengaku jika motor vixion bernopol L 6641 FT itu telah dijualnya kepada seorang penadah di Madura dengan harga 12 juta. Uangnya, digunakan pelaku untuk kebutuhan hidup bersama istrinya yang kos di jalan Bulak Banteng Surabaya.

"Pelaku ini mengaku kalau kendaraan sudah dijual ke Madura, pelaku mendapat uang sekitar 12 juta, itu karena suratnya lengkap dan kunci motor juga tidak rusak," imbuh perwira tiga balok ini.

Akibat perbuatannya, pelaku mendekam ditahanan Polsek Dukuh Pakis Surabaya. Pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian.fir