Anggota DPR RI Fraksi Nasdem H Soehartono Saat Pembentukan Komisi Saksi Nasdem (KSN) di Madiun Jawa Timur. (SP/AAN)

SURABAYAPAGI.com, Madiun -Anggota DPR RI komisi V Soehartono , dari Fraksi Partai Nasdem melakukan kunjungan kerja di Daerah Pemilihan Jawa Timur VIII tepatnya di Kabupaten Madiun Jawa Timur.

Pada kunjungan kerja kali ini H Soehartono yang juga merupakan putera asli daerah Madiun mengungkapkan jika kunjungan kerja ini selain untuk menemui konstituen di dapilnya juga dimanfaatkan untuk membentuk Komisi Saksi Nasdem (KSN) guna menghadapi pemilu tahun 2019 mendatang.

"Pada tahun 2018 saat ini dan tahun 2019 mendatang adalah tahun politik yang artinya ada momentum pemilihan kepala Daerah secara serentak di seluruh Indonesia, baik di tingkat II yaitu Kabupaten dan kota (Bupati dan Walikota) sampai dengan pemilihan kepala daerah di tingkat propinsi yakni Gubernur. Sedangkan pada tahun 2019 mendatang ada Pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilu legislatif yakni pemilihan wakil rakyat mulai tingkat daerah sampai tingkat pusat, yaitu DPRD, DPRD I serta DPR RI," terangnya.

Soehartono menambahkan bahwa untuk menyambut pesta demokrasi serentak tersebut seluruh partai tentunya akan mempersiapkan diri secara matang, sehingga bisa menjadi pemenang. Untuk itu, Partai Nasdem yang saat ini mendapatkan nomor urut partai nomor 5 akan mempersiapkan diri secara maksimal terutama mempersiapkan saksi - saksi mulai dari tingkat kabupaten sampai dengan tingkat Tempat pemungutan suara (TPS) .

"Saat ini untuk wilayah Kabupaten Madiun sudah mulai membentuk saksi-saksi yang akan kita persiapkan untuk Pemilu tahun mendatang," paparnya.

Ketua Komisi Saksi Nasdem (KSN) Kabupaten Madiun, Yudi Hananto menambahkan saat ini sudah terbentuk KSN tingkat DPD sebanyak 7 orang. KSN Cabang sebanyak 105 atau 7 orang per kecamatan, kemudian Koordinator saksi sebanyak 412 dengan asumsi masing -masing desa sebanyak 2 orang dan Saksi TPS sebanyak 3260 orang , dengan asumsi masing - masing TPS terdiri dari 2 orang.

"Pembentukan Komisi Saksi Nasdem (KSN) ini adalah sebagai petugas partai yang berfungsi untuk mengamankan suara Partai Nasdem pada Pemilu mendatang, sekaligus menjaga agar tidak terjadi kecurangan-kecurangan dalam proses pemilu," imbuhnya.aan