Korban tenggelam Wawan (36) berada di Puskesmas Kencong. (Dok. Polsek Gumukmas)

SURABAYAPAGI.com, Jember - Warga Dusun Krajan, Desa Wonorejo, Kecamatan Kencong, Jember, Minggu (4/3/2018) malam dikejutkan dengan informasi tenggelamnya seorang pemuda di daerah rawa tempat pemancingan kecamatan Gumukmas. Warga yang bernasib naas tersebut bernama Wawan.

Awalnya keluarga Wawan masih sanksi akan berita tersebut. Namun, setelah mendatangi lokasi pemancingan yang berlokasi di Dusun Panggul Melati, Desa Kepanjen, Kecamatan Gumukmas barulah keluarga percaya jika memang itu Wawan.

Berdasarkan keterangan beberapa saksi dan dari keterangan Kapolsek Gumukmas Akp Dono Sugiharto SH diketahui jika Wawan bersama ketiga temannya pergi ke kolam pemancingan pada hari Sabtu (3/3/2018) sekitar pukul 15.00 wib.

"Wawan bersama ketiga teman nya berangkat ke kolam pemancingan milik warga Panggul Melati bernama Sanari. Setelah satu jam perjalan ke 4 pemuda tersebut datang dan mulailah melakukan kegiatan memancing seperti biasa," terangnya.

Saksi bernama Rusman (37) yang masih tetangga korban menyampaikan kepada Kapolsek jika pada pukul 04.00 wib ke dua teman Wawan, Mat dan Bambang pulang ke rumah karena capek, sedangkan Rusman terlelap tidur dan terbangun pukul 07.00 wib pada hari Minggu pagi.

"Kemudian (Rusman, red) mencari Wawan, namun tidak ditemukan di lokasi dirinya memancing," jelas Kapolsek.

Mengetahui Wawan tidak ada, Rustam mencari Wawan ke beberapa lokasi rawa dan pemancingan lain dan hasilnya nihil hingga sore hari.

"Merasa pencarian sia-sia, akhirnya Rustam memutuskan menyampaikan ke pemilik rawa," ujarnya.

Dari informasi itu akhirnya pada pukul 18.30 wib, pemilik pemancingan bersama perangkat Desa Panggul Melati ikut mencari dan menemukan Wawan sudah tidak bernyawa di dalam kolam. Dan langsung dilarikan ke Puskesmas.

"Kondisi tidak bernyawa tenggelam dan diangkat mengunakan pengait dan langsung dilarikan ke Puskesmas Kencong," jelasnya.

Berdasarkan keterangan keluarga, terkuak jika Wawan mempunyai gejala Epilepsi. Dan pihak keluarga menolak dilakukan otopsi.

"Keluarga menolak untuk dilakukan otopsi setelah pihak kepolisian sektor Gumukmas mendatangi lokasi kejadian maupun rumah duka yang berada di Desa Wonorejo Kecamatan Kencong," pungkas Kapolsek Gumukmas Akp Dono Sugiharto SH, Senin, (5/3/2018) siang.ndik