Founder sekaligus pebisnis, Aiski Hapsari saat menunjukkan salah satu koleksi aksesoris yang terbuat dari kain perca. (SP/DIAN)

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Jika dimanfaatkan dengan baik, kain perca bisa menghasilkan uang. Hal inilah yang ditekankan pada workshop yang diselenggarakan oleh komunitas kreatif Koleksi Kikie.

Dalam kegiatan ini, Founder sekaligus pebisnis cantik Aiski Hapsari ingin mengedukasi para wanita agar menjadi wanita yang bisa menghasilkan pendapatan sendiri dari mengolah kain perca menjadi aksesoris cantik seperti kalung, gelang, bandana dan lainnya.

"Kain perca bisa menjadi kalung cantik seperti ini. Setelah kita jahit, kita beri sulaman dengan berbagai jenis etnik atau variasi yang diinginkan," kata wanita yang akrab disapa Kiki.

Sambil menunjukkan salah satu koleksinya, ia memaparkan jika usaha ini bisa dijalankan tanpa melihat jenis kelamin.

"Hobi ini sebenarnya bisa dijalankan pria maupun wanita yang ingin memiliki pengetahuan dan ilmu membuat aneka aksesoris kreatif dari kain perca," lanjutnya.

Mengubah kain perca menjadi aneka aksesoris hanya memerlukan ketelatenan. Nantinya, hasil kreasi dari kain perca itu bisa dijual kembali melalui komunitas, arisan, toko busana, hingga penjualan online.

"Dari sini wanita bisa mengubah hobi menjadi pendapatan. Kuncinya memang harus telaten, sabar dan akhirnya nanti akan menghasilkan aneka pernik dan aksesoris perca yang memuaskan. Itu bisa jadi sumber uang," pungkasnya.di