ilustrasi

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Menjelang lebaran animo masyarakat pengguna jasa transportasi kereta Api PT. KAI Daop 8 Surabaya melambung tinggi. Tingginya pemesan tiket menjelang lebaran oleh kalangan masyarakat, ditanggapi oleh PT KAI Daop 8 Surabaya dengan menaikkan harga tiket.

Manager Humas PT. KAI Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko mengatakan, strategi pemasaran dengan menaikkan tarif yang dilakukan oleh PT. KAI menjelang lebaran diterapkan pada harga tiket bisnis dan eksekutif.

"Adanya kenaikan tarif tiket menjelang lebaran pada kelas eksekutif dan bisnis. Dari harga tiket 300 ribu hingga 500 ribu sedangkan, menjelang lebaran 500 hingga 700 ribu. Pada kelas ekonomi tidak ada kenaikan sama sekali," ungkapnya di PT KAI Gubeng Surabaya, (06/03/2018).

Menurut Gatut Sutiyatmoko, terdapat tiga strategi ekonomi yang diterapkan PT. KAI menghadapi penumpang yang melonjak tinggi dan penumpang yang tidak ada maupun sepi. Terdapat tiga hal yaitu menggunakan batas atas, batas biasa dan batas biasa.

"Ketika hari biasa PT. Kereta Api menggunakan batas bawah karena kurangnya antusias penumpang. Sehingga, adanya promo dan diskon pada tarif tiket yang diberikan oleh PT KAI. Hal ini, guna meningkatkan daya konsumsi penumpang," jelasnya.

Gatut Sutiyatmoko menjelaskan, kenaikan tarif tiket digunakan pada tarif tiket khusus dengan potongan hingga 20 persen hingga 50 persen.tus