Cawagub Jatim Emil Dardak membantu angkat bawang merah yang sudah siap jual di Nganjuk, kemarin (6/3/2018). (SP/RIKO)

SURABAYA PAGI, Nganjuk - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, menyempatkan berkunjung ke Pasar Induk Sentra Bawang Merah Sukomoro Nganjuk. Pada kesempatan tersebut Emil melihat sekaligus merasakan langsung proses distribusi bawang merah.

"Bawang Nganjuk ini bisa kita jadikan sebagai unggulan Jawa Timur layaknya bawang Brebes di Jateng," sebut Emil optimis, Selasa (6/3/2018).

Emil juga berbincang dengan pedagang setempat seputar kondisi terkini sentra ekonomi bawang merah. Pria yang juga suami artis ibukota, Arumi Bachsin, mendengarkan seksama keluhan pedagang soal kondisi harga bawang yang fluktuatif.

Menurutnya, seharusnya harga bawang merah bisa dikontrol dengan program dan kebijakan strategis dari pemerintah. Program tersebut ia namakan Information Super Corridor. Sebuah program yang bergerak dengan mengumpulkan data pelaku ekonomi sehingga bisa memantau sekaligus bergerak membantu pelaku usaha. Sehingga produksi bawang merah tetap berlanjut. Melalui Information Super Coordior ini, bisa terbangun jejaring dua arah, dari pelaku usaha lokal dengan mitra di dalam dan luar provinsi.

"Produksi bawang merah ini (jika menerapkan Information Super Corridor) bisa kita eskpor ke Jepang dan Srilangka, artinya bisa go international," ucapnya di sela-sela perbincangannya dengan salah seorang pedagang.

Sementara itu, dalam sesi yang lain solusi program dari Emil mendapat respon positif dari warga. "Saya salut sama Pak Emil ini. walau muda tapi berbakat (memimpin)," ucap Rianto warga setempat.

Emil diketahui mengunjungi beberapa sentra produksi bawang. Tak puas hanya mengunjungi pasar, ia lantas blusukan langsung ke persawahan yang bertani bawang. Emil bahkan turun langsung membantu mengangkut bawang merah yang siap jual. rko