Presiden Jokowi meresmikan JIIPE Manyar, Kabupaten Gresik. (SP/MIS)

SURABAYAPAGI.com, Gresik - Kawasan terpadu pelabuhan terpadu java integrated industrial and portsestate (JIIPE) dan kapal pendukung tol laut pertama di Indonesia, diresmikan oleh presiden RI Joko Widodo, Jumat (9/3/2018).

JIIPE seluas 3000 hektare ini pertama di Indonesia tepat di Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. JIIPE ini merupakan pelabuhan generasi ketiga dan mampu melayani kapal-kapal bertonase besar.

Menarik dibalik peresmian JIIPE ini, Presiden Joko Widodo dalam sambutannya meminta pihak manajemen perusahaan tersebut untuk merekrut para lulusan santri sebagai tenaga kerjanya. Pasalnya, santri-santri itu sudah memiliki akhlak yang baik dan jujur-jujur.

"Kalau mereka belum tersedia SDM yang dobutuhkan di JIIPE, ya didik lagi supaya bisa diberdayakan sesuai kebutuhan perusahaan," ingat Jokowi.

Dikesempatan ini, Jokowi mengakui jika Indonesia merupakan negara besar. Sayangnya negara ini masih kalah oleh negara lain dalam hal investasi. Ini terjadi, akibat masih sulitnya pengurusan perizinan investasi. Olehnya itu, agar tidak kalah dengan Kamboja dan Vietnam, perlu berhati-hati. Paling tidak, proses pengurusan izin investasi dipermudah.

"Kita harus tahu investasi itu membawa dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi rakyat. Bisa membuka peluang kerja dan sebagai," tandas Jokowi.

Dengan dibangunnya JIIPE ini adalah sebuah konsep strategis sebuah kota mandiri. Karena didalamnya tersentralisasi, ada pabrik, pelabuhan, perumahan dan dilengkapi listrik serta air bersih.

Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartanto, di JIIPE ini bisa menampung sebanyak 183 industeri dari berbagai sektor yang bisa menyerap investasi sebanyak Rp 83,2 triliun.

"Dan ini diyakini bisa membawa efek berantai terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah," kata Airlangga yang turut hadir mendampingi Presiden Jokowi di Manyar, Gresik, Jumat (9/3/2018).

Airlangga juga menegaskan bahwa di JIIPE ini diperuntukkan bagi investasi menengah ke atas seperti kelapa sawit, batu bara dan lainnya. Dan bisa menyerap sebanyak 5.000 tenaga kerja.

Hadir mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi adalah Menperin Airlangga Hartarto, Menteri Perhubungan, Gubernur Jatim Soekarwo dan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto. Mis