Bek Barito Putera, Hansamu Yama Pranata

SURABAYAPAGI.com - Bek Barito Putera, Hansamu Yama Pranata dipastikan bakal absen membela Timnas Indonesia pada laga uji tanding internasional melawan Singapura pada 21 Maret.

Kapten Timnas U-23 itu mengalami cedera saat membela Barito Putera dalam turnamen pramusim Jakajaya di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (11/3).

Dilansir akun Instagram Barito Putera, Hansamu sempat mengeluh sesak napas. Ia juga disebut merasakan nyeri di bagian rusuk bawah sebelah kiri.

Dokter tim Barito, Rey Adi Wirawan langsung memberikan perawatan dengan tabung oksigen kepada mantan pemain Timnas Indonesia U-19 itu di pinggir lapangan. Hasil pemeriksaan radiologis di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Waru, Jawa Timur, Senin (12/3) menyatakan Hansamu mengalami retak di bagian tulang rusuknya.

Hansamu Yama Pranata (kanan) sudah memperkuat Timnas Indonesia di level senior sejak 2016.

"Kata dokter tidak apa-apa kok. Memang ada dua ruang yang retak. Tapi keseluruhan tidak apa-apa. Cuma butuh istirahat total sekitar 2-3 minggu," kata Hansamu melalui pesan singkat, Selasa (13/3) malam.

Kondisi itu membuat Hansamu absen untuk menjalani pemusatan latihan bulanan bersama Timnas Indonesia jelang Asian Games 2018. Termasuk tidak akan mengikuti uji coba melawan Singapura yang memiliki kategori FIFA Matchday, Rabu (21/3).

"Soal timnas, kemarin sehabis insiden itu saya juga langsung komunikasi dengan Dokter Syarif (Dokter Timnas Indonesia). Saya minta istirahat dulu. Jadi kemungkinan absen lawan Singapura," ungkap Hansamu

Hansamu menjadi salah satu pemain yang diproyeksikan mengisi lini pertahanan Timnas Indonesia di Asian Games 2018. Pemain yang turut memperkuat tim Merah Putih di Piala AFF 2016 itu tampil dalam dua laga uji tanding terakhir timnas ketika menghadapi Guyana dan Islandia. (cnn/02)