Ilustrasi Membersihkan Wajah

SURABAYAPAGI.com - Pembersih wajah merupakan kebutuhan dasar dari perawatan kulit. Setidaknya, setiap orang memiliki satu atau dua pembersih. Namun tidak disarankan untuk menggunakan sabun mandi untuk mencuci muka.

Sabun mandi mengandung bahan yang terlalu keras dan membuat wajah kering. Ini yang akan mengakibatkan kerusakan pada wajah karena sabun mandi akan membuang minyak alami yang baik untuk mempertahankan elastisitas dan kolagen.

Itu sebabnya Anda perlu memahami jenis pembersih wajah atau cleanser apa yang cocok bagi kulit Anda. Pembersihan sendiri sebaiknya dilakukan dua kali sehari.

Kini banyak pembersih wajah yang mudah ditemukan dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan spesifik Anda. Apa saja ?

Ilustrasi membersihkan makeup.

1. Foaming Cleanser

Pembersih wajah ini menjadi jenis yang paling umum tersedia. Foaming cleanser ini pun biasa digunakan untuk menghilangkan semua jenis kotoran dan makeup tahan air. Namun jangan gunakanfoaming cleanser untuk membersihkan makeup pada mata.

Menggunakan foaming cleanser akan membuat wajah Anda benar-benar bersih karena tidak akan meninggalkan sisa. Pembersih wajah ini pun cocok untuk digunakan segala jenis kulit.

2. Oil cleanser

Pembersih wajah ini kaya akan minyak yang membersihkan dan melembapkan wajah. Oil cleanser membantu menghilangkan makeup tahan air dan bisa gunakan di area mata.

Kandungan minyak dari pembersih wajah ini mampu menutrisi kulit tanpa meninggalkan sisa sehingga paling cocok bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering. Sebab kulit kering membutuhkan perlindungan ekstra dan kelembapan di wajah.

3. Cleansing milk

Susu pembersih akan membuat kulit begitu lembut dan membersihkan kotoran secara efektif. Namun tidak disarankan membersihkan makeup jenis apa pun dengan susu pembersih karena butuh waktu yang lama untuk membersikan makeup. Susu pembersih sangat cocok digunakan bagi Anda pemilik kulit kering.

Ilustrasi membersihkan makeup.

4. Cleansing balm

Pembersih wajah ini memiliki kandungan minyak cukup tinggi. Oleh karena itu, cleansing balm tidak hanya membersihkan dan melembabkan kulit. Pembersih ini dikemas dalam bentuk balm yang padat namun memiliki tekstur minyak.

Pembersih ini digunakan dengan cara mengoleskan dan digosok pada wajah sehingga sangat baik untuk menghilangkan jenis makeup yang sangat sulit dibersihkan. Penggunaan cleansing balm akan membuat Anda merasa tidak menggunakan pembersih. Pembersih ini sangat cocok digunakan untuk kulit kering dan kombinasi.

5. Micellar water

Pembersih ini menjadi yang terbaik dari semua jenis karena tidak perlu dibilas. Micellar water yang berbahan dasar air akan membuat kulit lebih lembut dan menghilangkan semua jenis kotoran di wajah. Ada banyak jenis micellar water. Ada yang dicampur dengan minyak dan biasanya untuk menghapusmakeup tahan air. Micellar water tidak akan meninggalkan sisa kotoran dan juga bisa digunakan untuk kulit sensitif.

6. Cleansing wipes

Pembersih jenis ini biasanya hanya berupa lembaran tisu yang diberi lotion pembersih. Pembersih wajah ini sangat baik untuk menghilangkan kotoran namun tidak disarankan untuk menghapus makeup. Jika bukan dalam keadaan darurat, lebih baik tidak menggunakan pembersih ini karena gesekan yang ditimbulkan tidak baik bagi kulit. (lp/02)